Kajian Praktik Pekerjaan Sosial Makro (Teknik dan Model Pengembangan Masyarakat)



Kajian tentang praktik pekerjaan sosial makro berisi tentang pengertian pekerjaan sosial dan teknik pekerjaan sosial makro. Sedangkan kajian tentang pengembangan masyarakat berisi tentang pengertian dan model-model pengembangan masyarakat. Berikut merupakan penjelasan tentang praktik pekerjaan sosial makro dan pengembangan masyarakat:
1.         Praktik Pekerjaan Sosial Makro
a.         Pengertian Pekerjaan Sosial
Menurut Zastrow dalam Edi Suharto (2010:24) pengertian pekerjaan sosial adalah aktivitas profesional untuk menolong individu, kelompok, dan masyarakat dalam meningkatkan atau memperbaiki kapasitas mereka agar berfungsi sosial dan menciptakan kondisi-kondisi masyarakat yang kondusif untuk mencapai tujuan tersebut.
Berdasarkan pengertian diatas dapat terlihat bahwa profesi pekerjaan sosial memang membantu masyarakat pada level mikro, mezzo, dan juga makro. Pada level makro, pekerjaan sosial menyentuh lapisan masyarakat yang lebih besar seperti kelompok masyarakat desa dan sebagainya. Praktek ini tidak terlalu menekankan pada intervensi individual atau intervensi kelompok kecil. Praktek makro dalam pekerjaan sosial terutama lebih memfokuskan diri pada isu-isu global yang berkenaan dengan kebijakan suatu lembaga, kadangkala juga melakukan advokasi dimana suatu pelayanan yang dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat tidak tersedia dalam suatu lembaga, pada kali yang lain, pekerja sosial mungkin juga bekerja dengan sistem atau kebijakan lembaga yang dianggap tidak adil atau kurang manusiawi. Dalam kasus-kasus seperti ini, pekerja sosial mungkin perlu memberikan intervensi pada organisasi, kebijakan, atau sistem tertentu yang diarahkan untuk kepentingan masyarakat.
b.        Teknik Pekerjaan Sosial Makro
1)        Community Involvement (CI), Neighborhood Survey Study (NSS), Community/Night Meeting Forum (CMF) untuk inisiasi sosial dalam mengajak masyarakat membangun kesadaran kolektif bersama.
Firsan (2011: 54-55) mengemukakan bahwa community involvement adalah hubungan yang dibangun dengan publik (stakeholder, media, masyarakat yang berada di sekitar perusahaan, dan lain-lain). Teknik ini dapat dilakukan dengan meleburkan diri / melibatkan diri dalam berbagai kegiatan masyarakat, baik kegiatan formal maupun informal, baik individu maupun kelompok. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan keterbukaan masyarakat dalam memberikan informasi-informasi yang diperlukan serta menghindari adanya tekanan dari pihak manapun.
Neighborhood Survey Study (NSS) adalah nama lain dari home visit atau kunjungan rumah yang merupakan salah satu teknik pengumpul data dengan jalan mengunjungi rumah siswa untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa dan untuk melengkapi data siswa yang sudah ada yang diperoleh dengan tehnik lain (Winkel. WS, 1995:76).
Community/Night Meeting Forum (CMF) atau pertemuan masyarakat meruakan kegiatan non formal berupa forum musyawarah warga di tingkat RT atau RT yang merupakan wadah untuk melakukan jajak kebutuhan (need assessment) bagi penyiapan usulan kegiatan yang akan dilaksanakan (Pemerintah Kota Padang, 2014)     
2)        Methodology Participatory Assessment (MPA): Pendekatan untuk menemukan dan menggali masaah, kebutuhan dan kekuatan masyarakat secara partisipatif
Dayal et al (2000) mengemukakan bahwa Methodology for Participatory Assessments (MPA) adalah metode yang dikembangkan untuk menjalankan penilaian suatu proyek pembangunan masyarakat. Sheafor (2003) mengemukakan bahwa MPA merupakan tenik untuk melakukan asesmen terhadap permasalahan dengan melibatkan masyarakat. Masyarakat yang menentukan, merencanakan, dan memutuskan permasalahan yang dihadapi. Metoda ini biasa digunakan untuk mengidentifikasi atau menemukenali kebutuhan dan potensi yang ada di dalam maupun di luar masyarakat. Dalam MPA pemimpin kegiatan ini hanya berperan sebagai fasilitator yang memberi arahan kepada warga agar dapat menemukan sendiri kebutuhan dan potensi tersebut.
Langkah-langkah dalam teknik MPA antara lain :
a)         Menjelaskan maksud, tujuan dan proses.
b)        Mengidentifikasi masalah.
c)         Menentukan prioritas masalah.
d)        Melakukan analisis masalah (faktor penyebab dan akibat masalah).
e)         Mengidentifikasi sumber berdasarkan prioritas masalah.
3)        Participatory Rural Appraisal (PRA) : pendekatan untuk mengkaji masyarakat desa secara partisipatif, yang memandang pendidikan pada masyarakat sebagai pendidikan orang dewasa
a)         Pengertian Participatory Rural Appraisal
Secara Hafiah atau diterjemahkan kata perkata, PRA adalah penilaian/pengkajian/penelitian keadaan desa secara partisipatif. Dengan demikian, metode PRA adalah cara yang digunakan dalam melakukan kajian untuk memahami keadaan atau kondisi desa dengan melibatkan partisipasi masyarakat.
Menurut Konsorsium Pengembangan Dataran Tinggi Nusa Tenggara PRA adalah pedekatan dan teknik-teknik pelibatan masyarakat dalam proses-proses pemikiran yang berlangsung selama kegitan-kegiatan perencanaan dan pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi program pembangunan masyarakat.
b)        Teknik-Teknik PRA
Teknik-teknik PRA antara lain :
(1)     Secondary Data Review (SDR) atau Review Data Sekunder. Merupakan cara mengumpulkan sumber-sumber informasi yang telah diterbitkan maupun yang belum disebarkan. Tujuan dari usaha ini adalah untuk mengetahui data manakah yang telah ada sehingga tidak perlu lagi dikumpulkan.
(2)     Direct Observation atau Observasi Langsung. Direct Observation adalah kegiatan observasi langsung pada obyek-obyek tertentu, kejadian, proses, hubungan-hubungan masyarakat dan mencatatnya. Tujuan dari teknik ini adalah untuk melakukan cross-check terhadap jawaban-jawaban masyarakat.
(3)     Semi-Structured Interviewing (SSI) atau Wawancara Semi Terstruktur. Teknik ini adalah wawancara yang mempergunakan panduan pertanyaan sistematis yang hanya merupakan panduan terbuka dan masih mungkin untuk berkembang selama interview dilaksanakan. SSI dapat dilakukan bersama individu yang dianggap mewakili informasi, misalnya wanita, pria, anak-anak, pemuda, petani, pejabat lokal.
(4)     Focus Group Discussion atau Diskusi Kelompok Terfokus. Teknik ini berupa diskusi antara beberapa orang untuk membicarakan hal-hal bersifat khusus secara mendalam. Tujuannya untuk memperoleh gambaran terhadap suatu masalah tertentu dengan lebih rinci.
(5)     Preference Ranking and Scoring. Adalah teknik untuk menentukan secara tepat problem-problem utama dan pilihan-pilihan masyarakat. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memahami prioritas-prioritas kehidupan masyarakat sehingga mudah untuk diperbandingkan.
(6)     Direct Matrix Ranking, adalah sebuah bentuk ranking yang mengidentifikasi daftar criteria obyek tertentu. Tujuannya untuk memahami alasan terhadap pilihan-pilihan masyarakat, misalnya mengapa mereka lebih suka menanam pohon rambutan dibandingkan dengan pohon yang lain. Kriteria ini mungkin berbeda dari satu orang dengan orang lain, misalnya menurut wanita dan pria tentang tanaman sayur.
(7)     Peringkat Kesejahteraan. Rangking Kesejahteraan Masyarakat di suatu tempat tertentu. Tujuannya untuk memperoleh gambaran profil kondisi sosio-ekonomis dengan cara menggali persepsi perbedaan-perbedaan kesejahteraan antara satu keluarga dan keluarga yang lainnya dan ketidak seimbangan di masyarakat, menemukan indicator-indikator lokal mengenai kesejahteraan.
(8)     Pemetaan Sosial. Teknik ini adalah suatu cara untuk membuat gambaran kondisi sosial-ekonomi masyarakat, misalnya gambar posisi pemukiman, sumber-sumber mata pencaharian, peternakan, jalan, dan sarana-sarana umum. Hasil gambaran ini merupakan peta umum sebuah lokasi yang menggambarkan keadaan masyarakat maupun lingkungan fisik.
(9)     Transek (Penelusuran). Transek merupakan teknik penggalian informasi dan media pemahaman daerah melalui penelusuran dengan berjalan mengikuti garis yang membujur dari suatu sudut ke sudut lain di wilayah tertentu.
(10) Kalender Musim. Adalah penelusuran kegiatan musiman tentang keadaan-keadaan dan permasalahan yang berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu (musiman) di masyarakat. Tujuan teknik ini untuk memfasilitasi kegiatan penggalian informasi dalam memahami pola kehidupan masyarakat, kegiatan, masalah-masalah, fokus masyarakat terhadap suatu tema tertentu, mengkaji pola pemanfaatan waktu, sehingga diketahui kapan saat-saat sibuk dan saat-saat waktu luang.
(11) Alur Sejarah. Alur sejarah adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengetahui kejadian-kejadian dari suatu waktu sampai keadaan sekarang dengan persepsi orang setempat. Tujuan dari teknik ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai topik-topik penting di masyarakat.
(12) Analisa Mata Pencaharian. Masyarakat akan terpandu untuk mendiskusikan kehidupan mereka dari aspek mata pencaharian. Tujuan dari teknik ini yaitu memfasilitasi pengenalan dan analisa terhadap jenis pekerjaan, pembagian kerja pria dan wanita, potensi dan kesempatan, hambatan.
(13) Diagram Venn. Teknik ini adalah untuk mengetahui hubungan institusional dengan masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh masing-masing institusi dalam kehidupan masyarakat serta untuk mengetahui harapan-harapan apa dari masyarakat terhadap institusi-institusi tersebut.
(14) Kecenderungan dan Perubahan. Adalah teknik untuk mengungkapkan kecenderungan dan perubahan yang terjadi di masyarakat dan daerahnya dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya untuk memahami perkembangan bidang-bidang tertentu dan perubahan-perubahan apa yang terjadi di masyarakat dan daerahnya.
4)        Technology Of Participation (TOP): usaha sistematis dengan melibatkan masyarakat dalam menentukan langkah-langkah kegiatan perencanaan untuk memecahkan maslah-masalah yang dihadapi agar tercapai kondisi yang diinginkan.
Technology of Partisipation (TOP) adalah teknik perencanaan pengembangan masyarakat secara partisipatif, sehingga seluruh pihak memiliki kesempatan yang sama untuk mengemukakan gagasan. Teknologi partisipatif mengeksplorasi munculnya inisiatif-inisiatif, sikap kepemimpinan, keputusan dan tanggung jawab dari seluruh warga yang  hadir. Teknik ini dapat membantu target group (kelompok sasaran) untuk menghasilkan kegiatan operasional (Ajat Sudrajat dkk, 2005). Terdapat 3 teknik dasar dalam ToP antara lain:
a)        Tahap Diskusi
Tahap diskusi adalah serangkaian petanyaan yang memandu klampok di dalamproses dialog pertanyaan pertanyaan ini membimbing kelompok melewati empat tingkatan kesadaran, yakni oblektif, reflektif, interpretative, dan memutuskan.
b)        Tahap Lokakarya
Tahap lokakarya adalah proses lima langkah yang mengorganisasi para anggota kelompok ke arah pendalaman diskusi dan mencapai konsensus atau kesepatakan bersama tentang tindakan yang tepat dilakukan oleh kelompok. Langkah tersebut adalah penentuan konteks, sumbang saran, menyusun gugus/kategorisasi, memberikan label/penamaan, dan perenungan atau refleksi.
c)        Tahap Rencana Tindak
Tahap rencana tindak ini digunakan untuk membuat rencana secara rinci tindakan yang akan dilakukan oleh kelompok setelah terjadi konsensus kelompok untuk melakukan kegiatan. Tahap rencana tindak adalah proses tujuh langkah yang mengorganisir para anggota kelompok ke arah penyusunan rencana tindakan yang realistis dan mudah dilaksanakan. Langkah-langkah tersebut adalah penentuan konteks, lingkaran sukses, kondisi obyektif, menyatakan komitmen, lokakarya menentukan tindakan yang diperlukan, penjadwalan dan penugasan, serta refleksi.
5)        Pengembangan Masyarakat atau Community Develompent (CD) dan Pendampingan Sosial atau Social Assistensi (SA) untuk melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan intervensi komunitas.
Edi Suharto (2010:37) Community Development (Pengembangan Masyarakat) merupakan salah satu metode pekerjaan sosial yang tujuan utamanya adalah memperbaiki kualitas hidup masyarakat dengan mendayagunakan sumber yang ada serta menekankan pada prinsippartisipasi sosial. Secara singkat Community Development adalah suatu cara kerja untuk memecahkan masalah masyarakat. Dengan demikian pengunaan dari kedua metode ini dalam tahap pemahaman serta analisis masalah di masyuarakat dimana community organization adalah sebagai metode intervensi yang ditekankan terhadap pemecahan masalah, sedangkan community development adalah sebagai proses interaksi sosial yang penekanannya terhadap perubahan sosial.
Pendampingan sosial merupakan suatu proses relasi sosial antara pendamping dengan klien yang bertujuan untuk memecahkan masalah, memperkuat dukungan, mendayagunakan berbagai sumber dan potensi dalam pemenuhan kebutuhan hidup, serta meningkatkan akses klien terhadap pelayanan sosial dasar, lapangan kerja, dan fasilitas pelayanan publik lainnya (Departemen Sosial RI, 2009:122). 
Dari definisi-definisi diatas, pendampingan dapat diartikan sebagai proses relasi sosial antara pendamping dan klien dalam bentuk memperkuat dukungan, mendayagunakan berbagai sumber dan potensi dalam pemenuhan kebutuhan hidup, serta meningkatkan akses klien terhadap pelayanan sosial dasar, lapangan kerja, dan fasilitas pelayanan publik lainnya dalam usaha memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inisiatif dalam proses pengambilan keputusan, sehingga kemandirian klien secara berkelanjutan dapat diwujudkan.
6)        Promosi Media atau Media Promotion (MP) dan Dengar Pendepat atau Public Hearing (PH) untuk melibatakan masyarakat dalam pelaksanaan intervensi kebijakan
Pengertian promosi menurut Saladin, dkk (2002:123) adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tinakah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan mengingat  produk tersebut. Sedangkan Media menurut Purnamawati dan Eldarni (2001:4), promosi media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar. Promosi media pada dasarnya dimaksudkan untuk membangunan opini publik melalui media massa merupakan salah satu alat yang dianggap efektif dalam membangunan opini public. Public Hearing adalah salah satu proses mendengarkan pandangan dan masukan dari berbagai pihak yang terkait dengan naskah kebijakan termasuk penentu kebijakan untuk memperoleh respon terhadap kebijkan yang diusulkan.
7)        Metode-metode Lainnya yang Relevan
a)         Focus Group Discussion (FGD)
(1)     Pengertian Focus Group Discussion
Ajat Sudrajat dkk (2005) mengemukakan diskusi kelompok adalah suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok. Diskusi kelompok pada dasarnya adalah wawancara kelompok yang dipandu oleh seorang moderator, berdasarkan topik diskusi yang merupakan pokok permasalahan.Diskusi kelompok merupakan suatu forum yang dibentuk untuk saling membagi informasi dan pengalaman diantara para peserta diskusi untuk membahas satu masalah khusus.
(2)     Tujuan Focus Group Discussion dalam Asesmen Komunitas
Berikut merupakan tujuan dari Focus Group Discussion:
(a)      Identifikasi dan individualisasi kebutuhan-kebutuhan komunitas berdasarkan analisis keadaan/masalah dalam sumber.
(b)     Melibatkan berbagai unsur komunitas dalam asesmen, sehingga lebih mengikat komitmen mereka untuk melakukan upaya-upaya perubahan sesuai kebutuhan yang ditetapkan
(c)      Menjamin kegiatan pengembangan masyarakat/komunitas yang selektif yang dapat memenuhi kebutuhan yang bersifat spesifik
(d)     Membangun dasar-dasar perincian yang rasional dan jelas
(e)      Membangun definisi realitas dan makna dari kesulitan atau kebutuhan yang dihadapi komunitas secara konsesus.
(3)     Proses Pelaksanaan Diskusi Kelompok atau Focus Group Discussion
(a)       Proses pelaksanaan FGD
                                                                                                         i.     Pekerja sosial menghubungi pimpinan masyarakat untuk menyampaikan maksud dan meminta izin melaksanakan diskusi kelompok dalam asesmen komunitas.
                                                                                                       ii.     Pekerja sosial membentuk tim kerja yang akan membantu mengelola kegiatan diskusi kelompok.
                                                                                                     iii.     Tim kerja bersama pimpinan komunitas merencanakan waktu dan tempat untuk pelaksanaan diskusi kelompok.
                                                                                                     iv.     Tim kerja menyusun daftar partisipan yang akan di undang.
                                                                                                       v.     Tim kerja mengkonsultasikan daftar partisipan dan meminta dukungan dari pimpinan setempat sehingga dapat turut menggerakkan kehadiran partisipan dalam kegiatan diskusi kelompok.
                                                                                                     vi.     Menyusun pembagian tugas untuk pelaksanaan diskusi kelompok.
                                                                                                   vii.     Tim kerja menyiapkan tempat, posisi duduk partisipan, dan alat pendukung diskusi kelompok dibawah koordinasi petugas perlengkapan.
(b)      Pelaksanaan
                                                                                                         i.     Tim kerja mempersilahkan undangan untuk mengisi daftar hadir.
                                                                                                       ii.     Pembuka acara membuka jalannya diskusi
                                                                                                     iii.     Moderator memimpin diskusi : pengantar, identifikasi masalah, analisis masalah, penentuan prioritas perubahan.
(c)       Tindak Lanjut
Asesmen masalah ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana program. Alat yang digunakan yaitu, dinding/papan, kartu metaplan, spidol, kaset, tape recorder, alat tulis notulen, kertas koran/plano, pengeras suara
b)        Monitoring and Evaluating (MaE)
Ajat Sudrajat dkk (2005), mengungkapakan secara konseptual monitor merupakan kegiatan pemantauan terhadap semua kegiatan yang telah dilaksanakan. Sedangkan evaluasi dilakukan untuk melihat perkembangan atau perubahan yang terjadi di masyarakat sebagai dampak kegiatan yang telah ditetapkan. Evaluasi dilakukan baik selama proses kegiatan maupun pada akhir program.
Langkah-langkah melakukan moneva :
(1)        Penetapan kondisi awal – kondisi akhir
(2)        Menyediakan lembar peniaian monitoring dan evaluasi
(3)        Tempel lembar penilaian kondisi awal dan akhir di dinding yang sudah disediakan untuk di evaluasi
(4)        Membaca matrik monitoring, serta evaluasi proses dan hasil.
2.         Pengembangan Masyarakat
Istilah pengembangan masyarakat berasal dari terjemahan community development. Menurut Edi Suharto (2010:37) Pengembangan Masyarakat adalah salah satu metode pekerjaan sosial yang tujuan utamanya untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat dengan mendayagunakan sumber yang ada serta menekankan pada prinsip partisipasi sosial. Sedangkan menurut AMA dalam Edi Suharto (2010:38) pengembangan masyarakat dapat didefinisikan sebagai metode yang memungkinkan orang dapat meningkatkan kualitas hidupnya serta mampu memperbesar pengaruhnya terhadap proses-proses yang mempengaruhi kehidupannya
Edi Suharto (2010:42-45), menyatakan bahwa terdapat 3 (tiga) model pengembangan masyarakat yaitu pengembangan masyarakat lokal, perencanaan sosial, dan aksi sosial. Berikut merupakan penjelasan mengenai ketiga model tersebut:
a.         Pengembangan masyarakat lokal
Proses yang ditujukan untuk menciptakan kemajuan sosial dan ekonomi bagi masyarakat melalui partisipasi aktif serta inisiatif anggota masyarakat itu sendiri. Model ini berorientasi pada kemandirian, integrasi, dan kemampuan masyarakat. Masyarakat berperan sebagai partisipan dalam proses pemecahan masalah dan pekerja sosial berperan membantu meningkatkan kesadaran dan mengembangkan kemampuan masyarakat dalam mencapai tujuan-tujuan yang diharapkan.
b.        Perencanaan sosial
Orientasi dalam perencanaan sosial yaitu pemecahan masalah sosial yang ada di masyarakat. Pada perencanaan sosial, masalah dan keputusan ditentukan melalui tindakan rasional para ahli. Masyarakat disini sebagai penerima pelayanan dan pekerja sosial berperan ahli yang melakukan penelitian, menganalisis masalah dan kebutuhan masyarakat sehingga keterlibatan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan bukan menjadi prioritas.
c.         Aksi sosial
Perubahan struktur kekuasaan, lembaga, dan sumber merupakan tujuan dari proses dan hasil aksi sosial. Hal tersebut didasari suatu pandangan bahwa masyarakat adalah suatu sistem klien yang menjadi korban dari ketidakadilan struktur. Masyarakat berperan sebagai pelaku dalam aksi sosial dan pekerja sosial sebagai aktivis advokasi yang membantu masyarakat dalam aksi sosial.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer