Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi Bandung




Tim observasi Lembaga Pelayanan Sosial
Sejarah Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi
 
Pada awalnya di tahun 1935 Panti Senjarawi berfungsi sebagai tempat penampungan atau penitipan anak-anak keturunan Belanda (children camp), kemudian pada 4 Oktober 1949 beralih fungsi menjadi panti jompo. Panti yang berada di alamat Jalan Jeruk no.7 Bandung, Jawa Barat ini dengan tangan terbuka dan kasih sepenuhnya membantu orang tua merenggup kembali kasih yang mungkin hilang.  Sesuai dengan namanya “ Senjarawi “  yang berarti “Matahari Menjelang Sore” panti ini memberi kehangatan kepada orangtua layaknya sinar matahari menjelang sore, dan menyinarkan kembali kehangatan pada banyak orang, panti senjarawi juga melayani dan membantu mereka yang berada di usia senja mengisi hari-hari, dan mempersiapkan mereka untuk menghadap Sang Pencipta.
Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi berada dalam cabang pelayanan Gereja Bala Keselamatan Di Indonesia.  Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang kesehatan yang berdampak dengan banyaknya para usia lanjut, Gereja Bala Keselamatan merasa perlu memberikan perhatian besar untuk melayani lansia dan salah satu aktualisasinya adalah dengan membuka Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi. Bala Keselamatan (Inggris: Salvation Army, Belanda: Leger des Heils ) adalah salah satu denominasi dikalangan gereja prostestan yang dikenal dengan pelayanan sosialnya. Aliran Bala Keselamatan ini dimulai oleh William Booth, seorang pendetan Gereja Metodis.
Bala keselamatan adalah organisasi internasional yang melayani 126 negara di dunia dan 20 provinsi di Indonesia sejak tahun 1984. Bala Keselamatan melaksanakan kegiatan kemanusiaan dibidang pelayanan sosial, rohani, medis, dan pendidikan. Mereka melaksanakan berbagai program seperti: dapur umum untuk kaum miskin, rumah tumpangan, Panti Asuhan, Rumah Sakit, Proyek-proyek Pembangunan Masyarakat, dll. Ciri khas Bala Keselamatan adalah mengenakan pakaian seragam dengan pangkat-pangkat kemiliteran, dari prajurit sampai jendral.

Visi dan Misi


Visi:
Menjadikan Lansia yang sejahtera dan berharga
Misi:
1. Memenuhi kebutuhan Jasmani, Rohani, dan Sosial
2. Memberikan kepada Lansia untuk berkarya 

 Sasaran dan Kriteria
Sasaran :         
Lansia yang berusia 60 tahun keatas
Kriteria :
1.  Sehat
2.  Tidak menderita penyakit menular
3.  Mandiri dalam arti masih bisa mengurus dirinya sendiri
4.  Mengisi formulir persyaratan masuk ke PSTW Senjarawi
5.  Adanya penanggung jawab lansia ( keluarga atau kerabat dekat ) 

Program Pelayanan
Dengan filosofi “With Heart to God, and Hand to Man”, Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi memenuhi kebutuhan para penghuninya secara menyeluruh. Tidak hanya kebutuhan fisik, tetapi juga kebutuhan spiritual dan psikis. Karena itu Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi tidak sekedar menyediakan kamar yang layak, makanan yang sehat dan bergizi, dan beragam fasilitas yang mendukung kesehatan fisik, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan kerohanian dengan pelayanan firman dan konseling pribadi melalui kegiatan diskusi, sharing, dan tanya jawab ke ruangan masing-masing.
Pelayanan kepada lansia dibedakan menjadi dua kepada lansia yang masih sehat dan mandiri mereka ditempatkan di perumahan berisi 4 kamar dan 1 kamar mandi. Sedangkan lansia yang sakit atau tidak mampu melakukan beberapa hal sendiri ditempatkan dibangsal dan dijaga oleh karyawan untuk membantu makan,minum, dan kegiatan kebersihan.



Gereja Bala Keselamatan yang ada di PTSW Senjarawi
 
 

 


 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer