Konsep Penelitian untuk Pengajuan Judul KIA


Terdapat beberapa hal yang hendaknya diperhatikan oleh mahasiswa sebelum mengajukan judul penelitian seperti fenomena apa yang terjadi di lapangan, relevansi dengan profesi (pekerjaan sosial, psikologi, pendidikan dll), sifat masalah, jumlah populasi dan sebagainya agar nanti memudahkan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian tersebut.

Berikut ini adalah contoh konsep yang memuat variabel, konsep, data pendukung dan metode penelitian

BURNOUT PADA KARYAWAN PT ASTRA INTERNASIONAL
Perkembangan perindustrian di Indonesia saat ini dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produksinya agar dapat bersaing dengan negara lain, hal tersebut dikarenakan bertepatan dengan dimulainya Masyarat Ekonomi Asia tahun 2016. Dunia perusahaan sebagai sebuah organisasi harus mampu mencapai tujuan yang direncanakan untuk dapat memenuhi tuntutan pembangunan dan kemajuan teknologi. Persoalan yang muncul pada dunia industri selalu berkaitan dengan diri individu dalam menghadapi tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi dan persaingan yang keras di tempat kerja menyebabkan karyawan menjadi stres. Stres yang berlebihan akan berakibat buruk terhadap kemampuan individu untuk berhubungan dengan lingkungannya secara normal. Stres yang dialami individu dalam jangka waktu yang lama dengan intensitas yang cukup tinggi akan mengakibatkan individu yang bersangkutan menderita kelelahan, baik fisik,mental ataupun emosional, keadaan seperti ini disebut dengan burnout. Menurut Pattrick (2008) hal yang mempengaruhi burnout pada karyawan diantaranya kepuasan kerja, stres kerja, kemampuan dalam mengatasi ketegangan dan kemampuan beradaptasi.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2014 jumlah tenaga kerja di Indonesia yang bekerja pada sektor industri padat karya berjumlah 15. 255. 099 jiwa dari total 114. 819. 199 tenaga kerja yang ada. Dengan tingginya tenaga kerja yang bekerja pada sektor industry padat karya yang rawan terhadap burnout dapat mempengaruhi kualitas produksi skala nasional. Oleh sebab itu diperlukan suatu inovasi atau terobosan dalam budaya kerja agar tenaga kerja ini terhindar dari burnout. 
Penelitian ini memuat tentang burnout yang dialami oleh karyawan PT Astra Internasional. Subjek pada penelitian ini difokuskan pada karyawan yang durasi  bekerjanya 10 jam atau lebih. Adapun aspek penelitian ini adalah karakteristik karyawan, keterbukaan diri karyawan, kelelahan fisik karyawan, kelelahan mantal karyawan, kelelahan emosional karyawan, penghargaan diri karyawan, depersonalisasi karyawan, dan harapan yang ingin dicapai karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yaitu hasil penelitian disajikan berupa angka-angka statistik yang menggambarkan burnout karyawan.



EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KELURAHAN CIGONDEWAH KALER KECAMATAN BANDUNG KULON KOTA BANDUNG


KARYA ILMIAH INI MEMUAT HASIL PENELITIAN MENGENAI EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM RANGKA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KELURAHAN CIGONDEWAH KALER KECAMATAN BANDUNG KULON KOTA BANDUNG. ADAPUN TUJUAN PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGUKUR EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DENGAN RINCIAN INDIKATOR YANG AKAN DIUKUR DALAM PENELITIAN YAKNI KETEPATAN SASARAN PROGRAM, SOSIALISASI PROGRAM, TUJUAN PROGRAM DAN PEMANTAUAN ATAU PENDAMPINGAN PROGRAM.
METODE YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN INI YAKNI METODE PENELITIAN ASOSIATIF YAKNI PENELITIAN YANG MENCARI HUBUNGAN ANTARA SATU VARIABEL (EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN)  DENGAN VARIABEL LAINNYA (PENANGGULANGAN KEMISKINAN). HASIL PENELITIAN INI AKAN DISAJIKAN DALAM BENTUK KUANTITATIF YAITU ANALISIS DATA BERUPA ANGKA-ANGKA STATISTIK TERHADAP FAKTOR-FAKTOR EFEKTIFITAS DALAM MENANGGULANGI KEMISKINAN.

Beberapa dosen memiliki perbedaan persepsi mengenai apa yang telah kita kemukakan, ada dosen yang ingin mengetahui kerangka pikir kita saat pengajuan judul dan ada pula dosen yang langsung ingin mengetahui inti dari penomena yang ingin kita teliti. Oleh sebab itu penulis menyediakan 2 contoh yang berbeda agar dapat menjadi referensi mahasiswa dalam membuat sebuah konsep penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif. Untuk membuat konsep penelitian jangan lupa untuk memperhatikan aturan penulisan seperti penggunaan huruf kapital pada judul dan tidak menambahkan tanda baca dalam judul. Sekian yang dapat penulis sampaikan, semoga membantu rekan-rekan untuk mempersiapkan penelitiannya. 

Komentar

Postingan Populer