Assesment dan Alat-Alat Assesment



  1. Max Siporin    :
Assessment Pekerjaan sosial dibuat sebagai bagian dari studi sosial, sebuah istilah yang digunakan di sini umum untuk praktek kerja sosial. Ini melibatkan aplikasi perilaku dan praktek teori dan instrumen penilaian, prinsip, dan prosedur.
Kegiatan untuk pengidentifikasian, penginvestigasian dan pengindividualisasikan guna memahami permasalahan klien dalam lingkungan sosialnya dan interaksinya.

  1. Middelton, 1997, page 5 :
Proses analitik untuk menetapkan suatu keputusan. Dalam konteks kesejahteraan sosial, assessment merupakan dasar dalam mebuat perencanaan tentang apa yang perlu dilakukan untuk mencapai atau meningkatkan situasi seseorang.

Alat-Alat Assessment
  1. Genogram adalah diagram konfigurasi keluarga generasi (Guerin & Pendagast, 1976; Hartman, 1978). Ini membantu mengatur kedua data historis dan kontemporer pada tokoh utama dalam lingkungan antar klien. Dengan demikian, hal ini membantu pekerja sosial memahami bagaimana pola keluarga yang mempengaruhi situasi saat ini. Kelahiran, kematian, penyakit mental, alkoholisme, perceraian, perpisahan, adaptasi, inses, dan pekerjaan keluarga adalah contoh jenis data keluarga hadir pada genograms, yang menyediakan sarana ringkas untuk mengorganisir informasi yang kompleks dan signifikan membantu perencanaan intervensi. Simbol berikut menunjukkan acara keluarga dan hubungan.

  1. Ecomap adalah diagram dari keluarga di dalamnya konteks sosial, dan itu termasuk genogram (Hartman, 1978; Seabury 1985). Tujuan dari ecomap adalah untuk mengatur dukungan dan menekankan dalam lingkungan keluarga. The genogram keluarga ditempatkan dalam lingkaran pusat.
  1. Road Map adalah rencana kerja rinci yang menggambarkan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.
Road Map umumnya disusun sebagai bagian dari rencana strategis. Substansi penulisannya dapat dilihat dari :
1)      Keadaan saat ini
2)      Tujuan yang ingin dicapai
3)      Uraian tahap pelaksanaan untuk mencapai tujuan
4)      Sasaran dari setiap tahap
5)      Indicator pencapaian sasaran

Daftar Pustaka
Compton, Beulah Roberts and Burt Galaway. 1989. Social Work Process. California: Wadsworth Publishing Company.
Siporin, Max. 1975. Introduction to Social Work Practice. London : Collier Macmillan Publishers.

Komentar

Postingan Populer